Sabtu, 25 Mei 2013

Tokoh-tokoh Islam Bidang Bahasa dan Sastra

1)  IBNU MUFAQQA
Ibnu Mufaqqa adalah pengarang Arab berkebangsaan Persia.Sebelum masuk islam ia bergelar Abu Amr. Ia orang pertama yang menerjemahkan karya sastra tentang kebudayaan India dan Persia ke dalam bahasa Arab, dan orang pertama yang melahirkan karya prosa dalam bahasa Arab.
Ia hidup zaman Khalifah Abu Ja'far Al Mansur. Dilahirkan tahun 102-139 H / 720 -756 M. Ibnu Mufaqqa pernah menjadi sekretaris gubernur Bani Abbas di Kirman. Walaupun usia hidupnya amat singkat, tapi ia meninggalkan banyak karya-karya yang berharga, diantaranya:
a.Kalilah wa Dimmah ( yang tumpul dan yang keras)
b.Siy'ar Muluk Al-Ajam( kehidupan raja-raja non-Arab)
c.Al-Adab As-Sigar ( sastra kecil)
d.Al- Adab Al- Akbar ( sastra besar)

2) IMAM SIBAWAYH
Sibawayh adalah seorang ahli gramatika yang paling terkenal dalam perkembangan bahasa dan sastra Arab. Meskipun sebenarnya ia berasal dari Persia dan tidak pandai dalam bercakap bahasa Arab. Khalifah Harun Ar-Rasyid pernah menampakkan kekeguman pada Sibawayh dan memberikan hadiah berharga kepadanya.
Ia bernama Amru bin Utsman Al Haris Abu Bashar. Ia terkenal sebagai Imam Ahli Nahwu yang sangat teliti dan konsisten menjaga dan memelihra kaidah bahasa Arab yang fasih. Dalam kitab Nahwu karya Sibawayh tidak ada sedikitpun dasar dan kaidah yang diubah oleh generasi setelahnya. Hal ini menunjukkan betapa ia meletakkan dasar yang kuat dan pantas untuk perkembangan bahasa Arab selanjutnya. Kitab besar karya sibawayh adalah" Kitab Al-Sibawayh" atau disebut " Alkitab" yaitu karya tentang ilmu bahasa yang terdiri dari 2 jilid, tebalnya 1000 halaman, dan dinilai sangat memuaskan bagi genarasi-genarasi yang datang berikutnya.

3) ABU NUWAS
Nama lengkapnya ialah Abu Nuwas Al-Hasan bin Hani Al-Hakimi. Sering disebut Abu Nuwas. Lahir di Ah waz, Iran sekitar tahun 145H/ 762 M dan meninggal di Baghdad tahun 198H / 813M. Ia penyair Arab termasyhur zaman Khalifah Harun Ar-Rasyid.
Pada masa Khalifah Harun Ar-Rasyid,ia penyair di istana khalifah. Puisi-puisi gubahan Abu Nuwas terdiri atas beberapa tema : pujian ( madh), satire ( hija') kehidupan zuhud ( zuhdiyat) , perburuan binatang liar( tardiyat) penggambaran khamar ( khumriyat), dan lelucon senda gurau ( munjiyat). Contoh salah satu syair karya Abu Nuwas"
" Ilahi....Lastu lil Firdaus Ahla
Wala aqwa Ala Nari Al-Jahimi
Fa Habli Taubatan Wagfir Zunubi
Fa innaka Gafiru Zanbil Azimi
( Tuhanku, aku tak layak mendapatkan Surga-Mu
Tapi tak kuat menahan siksa neraka
Karena itu, terimalah tobatku dan ampuni dosa-dosaku
karena Engkau Maha Pengampun dosa-dosa besar)

Syair-syair Abu Nuwas di himpun dalam Diwan Abu Nuwas. Diterbitkan di Wina Austria tahun 1855M dan di Kairo tahun 1898M dan 1932 M.
Semoga dengan membaca artikel singkat ini menambah semangat kita Untuk terus menuntut Ilmu pengetahuan lebih banyak lagi, Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar