Selasa, 07 Mei 2013

Jangan menuntut Tuhan karena terlambatnya permintaan yang telah engkau minta kepada Tuhan

Jangan menuntut Tuhan karena terlambatnya permintaan yang telah engkau minta kepada Tuhan, tetapi hendaknya engkau koreksi dirimu, tuntut dirimu supaya tidak terlambat melaksanakan kewajiban-kewajiban Tuhanmu.
Jika tidak tercapai hajat permintaanmu , maka jangan engkau mempunyai sangkaan jahat terhadap Allah taala, sebab Allah tidak dapat dituntut terhadap apa saja yang diperbuat, tetapi hendaknya permintaanmu itu semata-mata untuk menunjukkan sifat kehambaanmu kepada Allah , dan hajat kebutuhanmu kepadaNya. Sebab terhadap segala kepentinganmu Allah tidak usah diingatkan, bahkan Allah telah melengkapi segala kebutuhanmu sebelum engkau mengerti apakah hajat kebutuhanmu yang sebenarnya.Maka sebaiknya bila kau menyerah sebulat-bulat tanpa reserve tanpa usul apa-apa kepada Allah, hanya itulah yang dapat menenangkan jiwa fikiranmu.
Wirid ialah segala macam bentuk ibadat lahir batin baik yang wajib maupun sunnat.Sedang Waarid : pemberian-pemberian Tuhan dalam hati hamba yang berupa keterangan ,nur cahaya dan kesenangan berbuat ibadat, taufik dan hidayatNya.
Maka sebaiknya, seorang hamba menjalankan kewajibannya,daripada melonjak-lonjak kepada apa yang menjadi hak Allah semata-mata.Terutama wirid itu hanya berlaku masih hidup di dunia ini saja,sedang waarid akan lanjut sampai ke akherat.
Rasulullah saw telah bersabda: Amal yang sangat disukai oleh Allah ialah yang dawam(terus menerus) meskipu sedikit.Al-Hasan Albasry berkata: Siapa yang sama hari kininya dengan kemarinnya, maka ia rugi dan siapa yang harinyai itu lebih buruk dari kemarinnya, maka ia mahrum(tidak dapat rahmat), dan siapa yang tidak bertambah berarti berkurang, dan siapa yang makin berkurang amalnya, maka mati lebih baik baginya.Ketika Al-Junaid ditegor orang karena memegang tasbih di tangannya: Tuan dalam kedudukan yang demikian itu masih saja menggunakan tasbih.Jawan Al-Junaid: Alat yang telah menyampaikan kami, maka tidak saya tinggalkan. Al-Junaid berkata: Orang aarif menerima semua amal (wirid) itu sebagai tugas dari Allah, karena itu mereka akan kembali menghadap kepada Allah dengan kebiasaan wirid(ibadat) yang ditugaskan oleh Allah itu. Dan andaikata seribu tahun tidak akan mengurangi sedikitpun dari amal wiridku, kecuali jika ia terhalang untuk melakukannya.Semoga artikel ini bermanfaat, wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar