Sabtu, 18 Mei 2013

Siapa yang dapat merasakan buah dari amal ibadatnya di dunia

Siapa yang dapat merasakan buah dari ibadatnya di dunia ini, maka itu dapat di jadikan tanda diterimanya amal itu oleh Allah kelak.
Buah dari amal ibadah di dunia ini ialah merasakan lezat manisnya amal itu, sehingga terasa nikmat yang tidak ada bandingnya.Atabah Al;Ghulam berkata: Saya melatih diri sembahyang malam dua puluh tahun, setelah itu saya merasakan nikmat bangun malam.Tsabit Al Bunany ra berkata: Saya melatih membaca Al-Qur'an dua puluh tahun setelah itu baru saya merasakan nikmat membaca Al-Qur'an.
Abu Turaab berkata: Jika seorang bersungguh-sungguh dalam niat amalnya, dapat merasakan nikmat amal itu sebelum mengerjakannya, dan apabila ikhlas dalam melakukannya mersakan manisnya amal ketika melakukannya , dan amal yang demikian sifatnya, itulah yang diterima dengan karunia Allah. Al-Hasan berkata: Carilah manisnya amal itu pada tiga, maka bila kamu telah mendapatkannya bergembiralah dan teruskan mencapai tujuanmu, apabila belum kamu mendapatkannya ketahuilah bahwa pintu masih tertutup yaitu membaca Al-Qur'an, dan berdzikir, dan ketika sujud.
Adapula yang menerangkan : dan ketika bersedekah dan ketika bangun malam. Sejak kapankah kau merasa telah mengenal Allah? Yaitu ketika saya tiap akan berbuat pelanggaran terhadap ajaranNya merasa malu padaNya.
Sumber: Al-Hikam hal:74-75)
Semoga bermanfaat, Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar