Entri Populer

Minggu, 26 Mei 2013

Meneladani Sikap Keperwiraan Salahuddin Al-Ayyubi

Salahuddin Al-Ayyubi adalah pahlawan besar bagi umat Islam. Kecintaannya terhadap agama dan umat Islam telah menempatkan sebagian lembaran hidupnya di medan pertempuran menegakkan harga diri umat Islam dan untuk merebut kembali wilayah-wilayah Islam yang dirampas. Keberanian dan keperwiraannya dalam perang Salib terus dikenang dan tak akan dilupakan oleh dunia Islam.
Kehadiran Salahuddin Al-Ayyubi dalam Perang Salib merupakan anugerah tersendiri bagi umat Islam pada saat itu. Semangat, keberanian, dan optimisme mereka untuk menang kian besar.Strategi yang dikembangkan oleh Salahuddin dalam membangun koalisi umat Islam benar-benar telah menyatukan kekuatan umat Islam dalam membela agamanya.
Saat ini kita sulit mendapatkan sosok pejuang Muslim seperti Salahuddin Al-Ayyubi. Namun, setidaknya, sebagai Muslim kita harus berusaha mencontoh dan meneladani semangat keperwiraan yang beliau miliki, untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Baik dalam perjuangan mencari ilmu, mengabdi kepada masyarakat tempat tinggal kita, atau dalam melakukan apa pun yang dapat memberikan manfaat bagi kepentingan umat Islam. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal dibawah ini.
1) Membela agama Allah SWT dan umat Islam adalah kewajiban setiap orang Islam
2) Allah akan menolong dan memuliakan orang-orang yang berjuang dijalan yang diridai-Nya
3) Berjuang( jihad fi sabilillah) tidak hanya terbatas dengan mengangkat senjata di medan peperangan. Tetapi dapat ditempuh dengan berbagai cara, misalnya:
a.menuntut ilmu
b.mengajarkan ilmu yang kita miliki kepada orang lain
c.mengurus, membina masyarakat melalui organisasi kemasyarakatan
d.melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bermanfaat bagi kepentingan orang banyak, dan lain-lain
4) Tanamkan kesedian dan keikhlasan untuk berkorban bagi agama Allah SWT, baik harta, tenaga, pikiran , maupun jiwa.Semoga bermanfaat.Wassalam