Senin, 13 Mei 2013

Amalan yang dianjurkan di Hari Asyura

Ketahuilah di antara yang dianjurkan dihari Asyura',hari kr sepuluh dari bulan Muharram, adalah m enghidupkan malamnya. Hal ini sangat dianjurkan oleh syareat, karena di malam itu terdapat pertolongan-pertolongan Allah SWT dan pemberian-pemberian-Nya .terutama membaca Al-Qur'an atau mendengarkan dan membaca do'a-do'a serta dzikir.
Dan juga di antara yang dianjurkan apa yang telah disebutkan oleh Al-amanah Dairobi dalam Mujarrabatnya di antara kekhususan ayat kursi dan juga disebutkan oleh pengarang kitab "Na'tul Bidayat" bahwasanya barangsiapa di malam Asyura setelah selesai menyempurnakan wudhu dan shalat dua rakaat membaca ayat kursi sebanyak 360 kali disertai bismillah setiap satu kalinya seperti yang berlalu dan menghadap kiblat dalam keadaan duduk di atas lututnya kemudian setelah membaca semua itu ia mengucapkan: Qul bi fadhlillah wa birahmatih fabidzalika falyaprahu huwa khairum mimma yadzmauun(48X)
Diantaranya juga melakukan perkara-perkara berikut di hari Asyura . Sebagaian ulama menghitungnya sebanyak 12 perkara, yaitu:

1.Melakukana Shalat

2.Berpuasa

3.Menyambung Silaturrahmi

4.Bershadakah

5.Mandi

6.Memakai celak mata

7.Berziarah kepada ulama

8.Menjenguk orang Sakit

9.Menambah nafkah keluarga

10.Memotong Kuku

11.Mengusap kepala anak yatim

12.Membaca surat ikhlas sebanyak 1000 kali.....
Masih banyak lagi yang lain, tetapi hanya ini saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua Amin Ya Rabbal Alamin.....Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar