Jumat, 12 April 2013

Faedah tentang hukum mengucapkan selamat hari raya

Imam al-Qomuli berkata:"aku belum menemukan suatu pendapat dari para ulama tentang ucapan selamat hari raya atau lainnya dari tahun dan bulan seperti yang dilakukan setiap orang. Akan tetapi al hafidz al-mundziri menukil dari al-hafidz muqaddasi bahwa beliau menjawab maslah itu:" bahwa sesungguhnya para ulama berbada pendapat tentang hal itu dan aku berpendapat bahwa itu adalah mubah(boleh) bukan sunah dan juga bukan bid'ah
Al-hafidz ibnu hajar menjawab setelah meneliti masalah itu bahwa hal itu disyariatkan beliau berdalil bahwa Imam Baihaqi telah membuat suatu bab tentang masalah tersebut, beliau berkata : Bab tentang ucapan sebagian orang kepada sebagian yang lain:semoga Allah menerima ibadah dari kita dan kamu)
beliau menyebutkan beberapa hadits lemah, namun semuanya dapat dibuat hujjah dalam masalahseperti itu. Dalam baba itu beliau mengomentari : " untuk keumuman tahni'ah (ucapan selamat) karena mendapat nikmat atau terhindar dari musibah dapat di buat hujjah dengan kesunahan sujud syukur dan dengan hadits shahih dari sahabat ka'ab bin malik ra, dalam kisah taubatnya karena tidak ikut perang tabuk bahwasanya ketika ia mendapat kabar gembira dengan penerimaan taubatnya dan ia datang kepada nabi SAW, maka Talhah bin Ubaidillah ra berdiri dan mengucapkan kata selamat kepadanya atas dasar itu maka tahnia'ah (ucapan selamat) adalah dianjurkan dan disyariatkan. Di dalam tahniah dianjurkan mendo'akan orang yang mendapatkan nikmat itu dengan selalu mendapat kenikmatan dan kebahagiaan dan seterusnya sebagaimana engkau akan melihat dalam kandungan dua bait yang akan datang.
Tidak samar lagi bahwa surat ucapan selamat termasuk perkara yang yang bersifat kebersamaan dan persatuan yang mampu mengokohkan pondasi-pondasi ikhlas, menguatkan tali persahabatan, menumbuhkan bibit-bibit keakraban dan mengokohkan tali keramahan dan persaudaraan.
ucapan selamat: " Selamat hari raya penuh berkah ku ucapkan,semoga kebahagian selalu menyertaimu, walau aku tidak melihat cahaya kehadiran kamu, kujadikan ini sebagai pengganti sebagian kewajiban.
Semoga SWT menjadikan hari-hari kita sebaik-baik hari raya di dalam ketaatan pada-Nya , selalu disertai afiat dan keselamatan dengan keagungan manusia yang selalu di naungi awan, semoaga Allah selalu mencurahkan Shalawat, salam dan kemulian kepadanya .Wassalam
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar