Kamis, 04 April 2013

Amalan yang di anjurkan dibulan Rajab yang suci dan mulia

Ketahuilah, sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan penuh keutamaan,beribadah didalamnya mendapat pahala yang berlipat khususnya puasa dan istqhfar bertobat dari semua kesalahan.Terutama di malam pertamanya karena do'a di dalamnya sangat mustajab.Nabi SAW bersabda:" Ada lima malam yang apabila berdo'a di dalamnya tidak akan ditolak yaitu:
1.Malam pertama bulan Rajab
2.Malam Nisfu Sya'ban
3.Malam Jum'at
4.Malam Hari Raya Idhul Fitri
5.Malam Hari Raya Idhul Adha
Imam Suyuthi memaparkan hadits ini di dalam kitab al-Jami'us Shogir dari Ibnu Asakir dari Abu Umamah ra.
Dan di malam kedua puluh tujuhnya terjadi peristiwa besar, Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW seperti yang sudah kita ketahui.
Bulan Rajab adalah di antara bulan-bulan mulia yang terpisah. Allah SWT berfirman yang artinya: " Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi diantaranya emapt bulan bulan haram(yang dihormati.)QS.At-Taubah:36)
Yaitu bulan Dzul Qo'dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab.Tiga bulan berurutan dan satu terpisah yaitu bulan Rajab.
Konon ketika permulaan Islam di haramkan peperangan di bulan-bulan mulia tersebut, karena menghormatinya. Kemudian dihapuskan dengan firman Allah SWT.yang artinya" Maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu dimana saja kamu jumpai mereka."(QS.At-Taubah:5)
Kehormatan bulan-bulan mulia ini masih menjadi tetap di dalam melipat gandakan dosa lagi bagi yang bermaksiat.Semoga Allah menjaga kita dari dosa, amiin .Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar