Selasa, 02 Juli 2013

Amalan yang dianjurkan pada Bulan Ramadhan yang penuh berkah

Ketahuilah, semoga Allah memberikan aku dan kamu taufiq untuk taat kepada-Nya : Sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan waktu dan zaman . Telah tenggelam pemikiran dalam lautan makrifat-Nya. Telah bingung pemahaman dalam mengetahui sifat hakekat Dzatnya. Tak ada jalan untuk mengetahui sifat keagungann-Nya. Dia yang telah mengkhsuskan bulan Ramadhan dengan maaf dan ampunan, khabar gembira, Ridha, kebahagiaan, dan pengkabulan. Menjanjikan orang yang berpuasa dengan tercapainya tujuan dan harapan. Bulan Ramadhan adalah bulan sangat mulia. Keutamaannya sangat besar dan sempurna. Banyak kebaikannya besar keberkahannya, Allah SWT telah memberikan dua kebahagian bagi orang yang berpuasa di dalamnya: kebahagian ketika berbuka, dan kebahagian ketika berjumpa Tuhannya.
Tentang keutamaanya Nabi SAW bersabda:" setiap amal anak adam kembali padanya kecuali puasa karena puasa untukku dan Aku yang akan membalasanya." Di bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga. Menutup pintu-pintu neraka. memenjarakan semua syaithan.Terkabul semua do'a dan harapan, mewajibkan puasa di dalamnya atas umat islam. Menjanjikan tercapainya tujuan bagi yang berpuasa. Menebarkan keutamaaan dan kebaikan.Mengistimewakan mereka dengan kesehatan badan. Membersihkan hati, lisan dari dosa dan kemaksiyatan.Allah SWT memberikan keringanan kepada umat Nabi Muhammad SAW bagi yang tidak mampu berpuasa karena sakit atau bahaya .Allah SWT berfirman: Artinya:" Barangsiapa diantara kalian ada yang sakit atau dalam perjalanan jauh maka(mengkhadainya) di hari-hari lainnya.QS.Al-Baqarah: 184)
Menjanjikan ampunan bagi yang menghidupkan malamnya. Selalu mencurahkan keutamaan-Nya yang sempurna . Beribadah di dalamnya di lipatgandakan . Beramal didalamnya mempunyai keutamaan yang banyak. Maka di sunahkan beribadah dengan menghidupkan malamnya, membaca al-qur'an, memperbanyak shadaqah, menambah nafqah keluarga,berbuat baik kepada kerabat dan tetangga.Semuanya karena mengikuti Rasulullah SAW.Mudah-mudahan bermanfaat amin ya Rabbal Alamin.Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar