Minggu, 09 Juni 2013

Mengenal Sosok Umar bin Abdul Aziz




Umar bin Abdul Aziz di lahirkan di kota Mulwan, yang tidak jauh dari kota Kairo.Pada saat itu ayahnya menjabat gubernur di Mesir.Silsilah keturunannya pada pihak ibunya bersambung dengan Umar bin Khattab, khalifah kedua dari Khulafaur Rasyidin
Umar bin Abdul Aziz adalah khalifah yang kedelapan dari Daulah Umayyah, masa pemerintahannya sangat pendek, yaitu dari tahun 99-101H bertepatan dengan tahun dengan tahun 717-720 M. Dia mempunyai ciri-ciri sendiri dan mengandung filsafat Islam murni yang tidak terpengaruh oleh aliran-aliran dan peraturan –peraturan Bani Umayyah yang tidak banyak ditentang oleh rakyat.
Umar bin Abdul Aziz adalah seorang khalifah dari Bani Umayyah yang banyak mewarisi sifat-sifat dari cicitnya, yaitu Umar bin Khattab (khalifah kedua dari Khulafaur Rasyidin) banyak sifat sifatnya yang mulia dan terpuji, sehingga tidak ada tandingannya, dia mempunyai sifat Zuhud terhadap dunia, mendahulukan kepentingan rakyat daripada kepentingan dirinya sendiri.
Pada masa kecilnya, ia tinggal bersama paman ibunya di Madinah. Ia banyak memperoleh bimbingan dan pendidikan yang sehat serta mempunyai pengaruh besar terhadap sifat-sifatnya yang istemewa dan terpuji itu.
Diantara sifat-sifat ya ng terpuji ialah, ia mempunyai sifat sopan santun, adil, bijaksana, sederhana, bertakwa kepada Allah swt. Ia sangat mencintai kepada rakyatnya, lebih mementingkan urusan agama daripada politik, lebih mementingkan persatuan dan kestuan umat Islam daripada golongan , penyiaran agama Islam dengan cara damai, dan berbuat adil terhadap semua pihak.
Figur kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz yang memiliki tanggung jawab yang sangat tinggi dan laur biasa. Sehingga dalam pelaksanaannya pun, Umar bin Abdul Aziz memperlihatkan keistimewaan yang menonjol.
Adapun keistimewaan yang dimiliki oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz adalah Sebagai berikut:
1.Pada waktu pengangkatan menjadi khalifah , ia tidak begitu menerima , aka tetapi ditawarkan kembali kepada rakyat, agar rakyat memilih yang lebih disukai. Ternyata rakyat tetap memiilih dan menyetujui Umar bin Abdul Aziz sebagai khalifah
2.Menjual sebagaian harta kekayaan milik pribadinya, kemudian uang hasil penjualannya dimasukkan ke baitul Mal.
3.Meningkatkan sifat zuhudnya, yaitu meninggalkan kemewahan dunia dan berpola hidup sederhana.
4.Bertindak adil terhadap semua pihak dengan tidak membedakan suku maupun agama.
5.lebih mengutamakan agama daripada politik atau golongan
6.Mengutamakan persatuan dan kesatuan umat Islam daripada golongan.
Itulah beberapa keistimewaan Umar bin Abdul Aziz, dan Pemimpin seperti itulah yang sangat kita harapkan, dalam membangun bangsa yang jaya dan sejahtera bagi rakyat.Untuk itu wahai pemimpin atau calon pemimpin kalau anda ingat dikenang rakyat jadilah seperti Umar bin Abdul Aziz, namamu akan selalu dikenang sampai kapanpun.Semoga bermanfaat, Wassalam. 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar