Senin, 28 Oktober 2013

Abu Dzar Al-Ghaffari




Diceritakan dalam riwayat yang berbeda oleh Ibn Al-Mubarok dalam dua kitabnya Al-Birr dan As-Shalah bahwa terjadi ketidaksepakatan antara Abu Dzar dan Bilal. Abu Dzar kemudian berkata kepada Bilal "Kamu anak seorang budak hitam". Rasulullah yang mendegar ini sangat marah, lalu beliau mengingatkan Abu Dzar dengan sabdanya. "Ini keterlaluan wahai Abu Dzar, orang yang ibunya berkulit putih tidak memiliki kelebihan yang membuatnya lebih baik daripada seorang yang ibunya berkulit hitam".
Peringatan Rasulullah ini meninggalkan pengaruh yang teramat dalam pada diri Abu Dzar. Beliau kemudian meletakkan kepalanya di tanah dan bersumpah bahwa beliau tidak akan mengangkatnya sebelum Bilal menginjakkan kakinya di atas kepalanya.
Peristiwa itu tertuang pula pada riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Musa, Rasulullah SAW bersabda "Orang berkulit merah tidak lebih baik dari orang berkulit hitam kecuali dalam hal ketaqwaanya. Umat manusia adalah anak cucu adam dan adam diciptakan dari tanah". Demikianlah sikap Abu Dzar yang perlu kita tauladani dengan menyadari kekeliruan sikap yang menonjolkan keturunan, kesukuan dan bangsanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar