Senin, 31 Maret 2014

STRATEGI PEMBELAJARAN


A.    Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu strategos yang artinya suatu usaha untuk mencapai kemenangan  dalam suatu peperangan awalnya digunakan dalam lingkungan militer. Istilah strategi diadopsi dalam konteks pembelajaran yang dikenal dengan istilah strategi pembelajaran. Banyak pengertian strategi pembelajaran yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Antara lain sebagai berikut:
1.      Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan), termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran (Wina Sanjaya, 2006).
2.      Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dari komponen pembentuk sistem pembelajaran, dimana untuk itu guru menggunakan siasat tertentu.
3.      Strategi belajar mengajar sebagai pola umum perbuatan guru murid di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar yang menunjuk pada karakteristik abstrak dari pada rentetan perbuatan guru murid tersebut. T Raka Joni (1980).
Secara luas strategi diartikan sebagai suatu cara penetapan keseluruhan aspek yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pembelajaran, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada dimensi perencanaan strategi pembelajaran adalah desain yang memuat komponen komponen pembelajaran secara utuh sebagai rencana dalam melaksanakan pembelajaran. Pada dimensi pelaksanaan strategi pembelajaran merupakan upaya yang strategis dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menyelaraskan konsistensi komponen-komponen pembelajaran untuk mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan kualitas hasil belajar.
Seperti yang kita ketahui bahwa strategi pembelajaran adalah alat interaksi di dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang digunakan harus menimbulkan aktifitas belajar yang baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Setelah mencermati konsep strategi pembelajaran, kita perlu mengkaji pula tentang istilah lain yang erat kaitanya dengan strategi pembelajaran dan memiliki keterkaitan makna yaitu pendekatan, metoda dan teknik.

1.      Pendekatan
Istilah pendekatan secara harfiah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai “proses, perbuatan, cara mendekati. Pendekatan adalah cara umum seorang guru memandang persoalan atau obyek sehingga diperoleh kesan tertentu. Kesan yang muncul ini bagi seseorang mungkin saja berbeda dengan yang lainnya dan ini akan berpengaruh pada pemilihan strategi.
Lebih Lanjut T Raka Joni dalam Soli Abimayu, dkk (2008) mengemukakan: Pendekatan diartikan sebagai “Cara umum dalam memandang permasalahan dan obyek kajian sehingga berdampak ibarat seseorang menggunakan kacamata tertentu dalam memandang alam. Kacamata berwarna hijau akan menyebabkan dunia kelihatan kehijau-hijauan kaca mata warna coklat akan membuat dunia kelihatan kecoklat-coklatan.
Jadi pendekatan digunakan apabila bersangkut paut dengan cara-cara umum atau asumsi dalam menyikapi sesuatu masalah ke arah pemecahannya. Contohnya pendekatan sistem dalam pembelajaran artinya memandang pembelajaran sebagai suatu sistem yang terdiri dari kompoen-komponen yang satu sama lain saling berinteraksi berhubungan dan saling ketergantungan. Mencermati beberapa pandangan tentang strategi dan pendekatan sepertinya memiliki kemiripan tetapi ternyata pendekatan berbeda baik dengan strategi maupun metode. Tetapi ketiganya memilki keterkaitan dalam konteks pembelajaran.
Menurut Sanjaya (2006) pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Bertolak dari beberapa pandangan di atas, pendekatan pembelajaran adalah suatu cara pandang dalam melihat dan memahami situasi pembelajaran. Salah satu konsep pokok utama yang perlu menjadi perhatian guru dalam memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran adalah pemahaman dan pengusaan konsep pendekatan pembelajaran (learning approach). Seperti halnya batasan strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran juga merupakan bagian dari pemerolehan kerangka berpikir guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar berdaya guna (efisien) dan berhasil guna (efektif) tinggi. Cara pandang ini ada pada titik yang berlawanan contoh ada yang berpusat pada guru yang dikenal (teacher centred). Apabila dalam pebelajaran memandang siswa yang harus aktif siswa sebagai subyek belajar maka pendekatan yang digunakan pendekatan berpusat pada siswa atau (student centred). Roy Killen dalam Sanjaya (2006) mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centred approach) dan pedekatan yang berpusat pada siswa (student centred approach.

2.      Metoda Pembelajaran (Metoda Mengajar)
Strategi dalam arti sempit sering disebut metoda, kalau begitu apa bedanya strategi dengan metoda? Menurut Sanjaya (2006) strategi adalah a plan of operation achieving something. Sedangkan metoda adalah a way in achieving something. Dari pengertian tersebut metoda adalah cara untuk mencapai tujuan. Menurut T. Raka Joni dalam Soli Abimanyu dkk (2008) metoda sebagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan. Dengan kata lain metoda adalah cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan bahan pelajaran agar tujuan atau kompetensi dasar dapat tercapai. Dalam strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru dapat menggunakan beberapa metoda, sebagai contoh; ketika seorang guru menggunakan strategi ekspositorik, maka metoda yang digunakan bisa metoda ceramah dan tanya jawab. Apabila menggunakan strategi heuristik dapat menggunakan metoda ceramah, eksperimen dan diskusi.
Coba Anda cermati konsep pendekatan strategi dan metoda di mana letak perbedaan dari ketiga konsep tersebut dan bagaimana keterkaitan ketiga konsep tersebut dalam konteks pembelajaran.
Melalui bagan tersebut secara visual kita dapat melihat secara jelas keterkaian antara pendekatan, strategi dan mettda. Contoh apabila guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru maka strategi pembelajarannya bisa ekspositorik atau deduktif. Sedangkan metoda yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran apakah menggunakan metoda ceramah, tanya jawab, demonstrasi atau ketiganya. Demikian pula halnya apabila guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa maka strategi yang dapat dipilih heuristik atau induktif. Sedangkan metoda yang digunakan diskusi, simulasi, eksperimen atau metoda-metoda pembelajaran (metoda mengajar) yang memungkinkan siswa aktif.

B. Dasar Pemilihan Strategi Pembelajaran
1.      Tujuan Pembelajaran
Penetapan tujuan pembelajaran merupakan syarat mutlak bagi guru dalam memilih metode yang akan digunakan di dalam menyajikan materi pengajaran. Tujuan pembelajaran merupakan sasaran yang hendak dicapai pada akhir pengajaran, serta kemampuan yang harus dimiliki siswa. Sasaran tersebut dapat terwujud dengan menggunakan metode-metode pembelajaran. Tujuan pembelajaran adalah kemampuan (kompetensi) atau keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh siswa setelah mereka melakukan proses pembelajaran tertentu. Tujuan pembelajaran dapat menentukan suatu strategi yang harus digunakan guru. Misalnya, seorang guru Olahraga dan Kesehatan menetapkan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendemontrasikan cara menendang bola dengan baik dan benar. Dalam hal ini metode yang dapat membantu siswa-siswa mencapai tujuan adalah metode ceramah, guru memberi instruksi, petunjuk, aba-aba dan dilaksanakan di lapangan, kemudian metode demonstrasi, siswa-siswa mendemonstrasikan cara menendang bola dengan baik dan benar, selanjutnya dapat digunakan metode pembagian tugas, siswa-siswa diberi tugasi, bagaimana menjadi keeper, kapten, gelandang, dan apa tugas mereka, dan bagaimana mereka dapat bekerjasama dan menendang bola.
Dalam contoh ini, terdapat kemampuan siswa pada tingkat kognitif dan psikomotorik. Demikian juga diaplikasikan kemampuan afektif, tentang bagaimana kemampuan mereka dalam bekerjasama dalam bermain bola dari metode pemberian tugas yang diberikan guru kepada setiap individu.
Dalam silabus telah dirumuskan indikator hasil belajar atau hasil yang diperoleh siswa setelah mereka mengikuti proses pembelajaran. Terdapat empat komponen pokok dalam merumuskan indikator hasil belajar yaitu:
a.       Penentuan subyek belajar untuk menunjukkan sasaran belajar.
b.      Kemampuan atau kompetensi yang dapat diukur atau yang dapat ditampilkan melalui peformance siswa.
c.       Keadaan dan situasi di mana siswa dapat mendemonstrasikan performance-nya
d.      Standar kualitas dan kuantitas hasil belajar.
Berdasarkan indikator dalam penentuan tujuan pembelajaran maka dapat dirumuskan tujuan pembelajaran mengandung unsur; audience (peserta didik), behavior (perilaku yang harus dimiliki), condition (kondisi dan situasi) dan degree (kualitas dan kuantĂ­tas hasil belajar).

2.      Aktivitas dan Pengetahuan Awal Siswa
Belajar merupakan perbuatan, memperoleh pengalaman tertentu sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Karena itu strategi pembelajaran harus dapat mendorong aktivitas siswa. Aktivitas tidak dimaksudkan hanya terbatas pada aktifitas fisik saja akan tetapi juga meliputi aktivitas yang bersifat psikis atau aktivitas mental.
Pada awal atau sebelum guru masuk ke kelas memberi materi pengajaran kepada siswa, ada tugas guru yang tidak boleh dilupakan adalah untuk mengetahui pengetahuan awal siswa. Sewaktu memberi materi pengajaran kelak guru tidak kecewa dengan hasil yang dicapai siswa, untuk mendapat pengetahuan awal siswa guru dapat melakukan pretes tertulis, tanya jawab di awal pelajaran. Dengan mengetahui pengetahuan awal siswa, guru dapat menyusun strategi memilih metode pembelajaran yang tepat pada siswa-siswa.
Apa metode yang akan kita pergunakan? Sangat tergantung juga pada pengetahuan awal siswa, guru telah mengidentifikasi pengetahuan awal. Pengetahuan awal dapat berasal dari pokok bahasan yang akan kita ajarkan, jika siswa tidak memiliki prinsip, konsep, dan fakta atau memiliki pengalaman, maka kemungkinan besar mereka belum dapat dipergunakan metode yang bersifat belajar mandiri, hanya metode yang dapat diterapkan ceramah, demonstrasi, penampilan, latihan dengan teman, sumbang saran, pratikum, bermain peran dan lain-lain. Sebaliknya jika siswa telah memahami prinsip, konsep, dan fakta maka guru dapat mempergunakan metode diskusi, studi mandiri, studi kasus, dan metode insiden, sifat metode ini lebih banyak analisis, dan memecah masalah.

3.      Integritas Bidang Studi/Pokok Bahasan
Mengajar merupakan usaha mengembangkan seluruh pribadi siswa. Mengajar bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, tetapi juga meliputi pengembangan aspek afektif dan aspek psikomotor. Karena itu strategi pembelajaran harus dapat mengembangkan seluruh aspek kepribadian secara terintegritas. Karena itu metode yang digunakan lebih berorientasi pada masing-masing ranah (kognitif, afektif, dan psikomotorik) yang terdapat dalam pokok bahasan.
Umpamanya ranah psikomotorik lebih dominan dalam pokok bahasan tersebut, maka metode demonstrasi yang dibutuhkan, siswa berkesempatan mendemostrasikan materi secara bergiliran di dalam kelas atau di lapangan. Dengan demikian metode yang kita pergunakan tidak terlepas dari bentuk dan muatan materi dalam pokok bahasan yang disampaikan kepada siswa.
Dalam pengelolaan pembelajaran terdapat beberapa prinsip yang harus diketahui di antaranya:
a.      Interaktif
Proses pembelajaran merupakan proses interaksi baik antara guru dan siswa, siswa dengan siswa atau antara siswa dengan lingkungannya. Melalui proses interaksi memungkinkan kemampuan siswa akan berkembang baik mental maupun intelektual.
b.      Inspiratif
Proses pembelajaran merupakan proses yang inspiratif, yang memungkinkan siswa untuk mencoba dan melakukan sesuatu. Biarkan siswa berbuat dan berpikir sesuai dengan inspirasinya sndiri, sebab pengetahuan pada dasarnya bersifat subjektif yang bisa dimaknai oleh setiap subjek belajar.
c.       Menyenangkan
Proses pembelajaran merupakan proses yang menyenangkan. Proses pembelajaran menyenangkan dapat dilakukan dengan menata ruangan yang apik dan menarik dan pengelolaan pembelajaran yang hidup dan bervariasi, yakni dengan menggunakan pola dan model pembelajaran, media dan sumber-sumber belajar yang relevan.
d.      Menantang
Proses pembelajaran merupakan proses yang menantang siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir, yakni merangsang kerja otak secara maksimal. Kemampuan itu dapat ditumbuhkan dengan cara mengembangkan rasa ingin tahu siswa melalui kegiatan mencoba-coba, berpikir intuitif atau bereksplorasi.
b.      Motivasi
Motivasi merupakan aspek yang sangat penting untuk membelajarkan siswa. Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan yang memungkinkan siswa untuk bertindak dan melakukan sesuatu. Seorang guru harus dapat menunjukkan pentingnya pengalaman dan materi belajar bagi kehidupan siswa, dengan demikian siswa akan belajar bukan hanya sekadar untuk memperoleh nilai atau pujian akan tetapi didorong oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhannya.

4.      Alokasi Waktu dan Sarana Penunjang
Waktu yang tersedia dalam pemberian materi pelajaran satu jam pelajaran 45 menit, maka metode yang dipergunakan telah dirancang sebelumnya, termasuk di dalamnya perangkat penunjang pembelajaran, perangkat pembelajaran itu dapat dipergunakan oleh guru secara berulang-ulang, seperti transparan, chart, video pembelajaran, film, dan sebagainya.
Metode pembelajaran disesuaikan dengan materi, seperti mata pelajaran IPA, metode yang akan diterapkan adalah metode praktikum, bukan berarti metode lain tidak kita pergunakan, metode ceramah sangat perlu yang waktunya dialokasi sekian menit untuk memberi petunjuk, aba-aba, dan arahan. Kemudian memungkinkan mempergunakan metode diskusi, karena dari hasil praktikum siswa memerlukan diskusi kelompok untuk memecah masalah/problem yang mereka hadapi.
     
5.      Jumlah Siswa
Idealnya metode yang kita terapkan di dalam kelas perlu mempertimbangkan jumlah siswa yang hadir, rasio guru dan siswa agar proses belajar mengajar efektif, ukuran kelas menentukan keberhasilan terutama pengelola-an kelas dan penyampaian materi.
Para ahli pendidikan berpendapat bahwa mutu pengajaran akan tercapai apabila mengurangi besarnya kelas, sebaliknya pengelola pendidikan mengatakan bahwa kelas yang kecil-kecil cenderung tingginya biaya pendidikan dan latihan. Kedua pendapat ini bertentangan, manakala kita dihadapkan pada mutu, maka kita membutuhkan biaya yang sangat besar, bila pendidikan mempertimbangkan biaya sering mutu pendidikan terabaikan, apalagi saat ini kondisi masyarakat Indonesia mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan.
Pada sekolah dasar umumnya mereka menerima siswa maksimal 40 orang, dan sekolah lanjutan maksimal 32 orang. Kebanyakan ahli pendidikan berpendapat idealnya satu kelas pada sekolah dasar dan sekolah lanjutan 24 orang. Ukuran kelas besar dan jumlah siswa yang banyak, metode ceramah lebih efektif, akan tetapi yang perlu kita ingat metode ceramah memiliki banyak kelemahan dibandingkan metode lainnya, terutama dalam pengukuran keberhasilan siswa. Di samping metode ceramah guru dapat melaksanakan tanya jawab, dan diskusi. Kelas yang kecil dapat diterapkan metode tutorial karena pemberian umpan balik dapat cepat dilakukan, dan perhatian terhadap kebutuhan individual lebih dapat dipenuhi.

6.      Pengalaman dan Kewibawaan Pengajar
Guru yang baik adalah guru yang berpengalaman, pribahasa mengatakan ”Pengalaman adalah guru yang baik”, hal ini diakui di lembaga pendidikan, kriteria guru berpengalaman, dia telah mengajar selama lebih kurang 10 tahun, maka sekarang bagi calon kepala sekolah boleh mengajukan permohonan menjadi kepala sekolah bila telah mengajar minimal 5 tahun. Dengan demikian guru harus memahami seluk-beluk persekolahan. Strata pendidikan bukan menjadi jaminan utama dalam keberhasilan belajar akan tetapi pengalaman yang menentukan, umpamanya guru peka terhadap masalah, memecahkan masalah, memilih metode yang tepat, merumuskan tujuan instruksional, memotivasi siswa, mengelola siswa, mendapat umpan balik dalam proses belajar mengajar. Jabatan guru adalah jabatan profesi, membutuhkan pengalaman yang panjang sehingga kelak menjadi profesional, akan tetapi profesional guru belum terakui seperti profesional lainnya terutama dalam upah (payment), pengakuan (recognize). Sementara guru diminta memiliki pengetahuan menambah pengetahuan (knowledge esspecialy dan skill) pelayanan (service) tanggung jawab (responsbility) dan persatuan (unity) (Glend Langford, 1978). Di samping berpengalaman, guru harus berwibawa. Kewibawaan merupakan syarat mutlak yang bersifat abstrak bagi guru karena guru harus berhadapan dan mengelola siswa yang berbeda latar belakang akademik dan sosial, guru merupakan sosok tokoh yang disegani bukan ditakuti oleh anak-anak didiknya. Kewibawaan ada pada orang dewasa, ia tumbuh berkembang mengikuti kedewasaan, ia perlu dijaga dan dirawat, kewibawaan mudah luntur oleh perbuatan-perbuatan yang tercela pada diri sendiri masing-masing. Jabatan guru adalah jabatan profesi terhomat, tempat orang-orang bertanya, berkonsultasi, meminta pendapat, menjadi suri tauladan dan sebagainya, ia mengayomi semua lapisan masyarakat.

Jumat, 28 Maret 2014

Soal-soal SKI



. Berikut ini yang tidak termasuk penerima ajaran Islam dari golongan ellite adalah ....
a.     Raja                       c. Pengusaha
b.    Penguasa               d. Bangsawan
2. Masyarakat Indonesia telah menganut ber­bagai aliran dan kepercayaanjauh sebelum Islam masuk ke Indonesia, di antaranya ....
a.     animisme clan dinamisme
b.    dinamisme
c.     Hindu dan Budha
d.    animisme
3. Golongan pembawa agama Islam ke Indonesia adalah kaum pedagang. Hal ini sangat beralasan karena ....
a.     pedagang adalah satu-satunya profesi yang ada pada saat itu
b.    perdagangan merupakan satu-satunya cara menyebarkan agama Islam
c.     dengan berclagang dapat memperoleh banyak keuntungan
d.    pada mass itu pelayaran clan perdagangan Internasional sangat berkembang
4. Berikut ini yang bukan merupakan faktor­faktor yang menyebabkan agama Islam dapat berkembang dengan cepat di Indonesia, adalah ....
a.     penyebaran agama Islam dilakukan dengan damai
b.    sifat bangsa Indonesia ramah tamah
c.     Islam tidak memaksa pemeluknya untuk beribadah
d.    agama Islam tidak mengenal kasta
5. Penyebaran agama Islam di Kalimantan dapat diketahui dari Hikayat Banjar yang dimiliki oleh kerajaan ....
a.     Banjar                     c. Malaka
b.    Aceh Darussalam d. Samudra Pasai
6. Penyebaran agama Islam di pulau Kalimantan dapat diketahui dari ....
a.     Hikayat Daha
b.    Hikayat Hang Tuah
c.     Hikayat Pajang
d.    Hikayat Banjar
7. Sultan Alaudin salah satu raja Aceh Darussalam yang aktif menyebarkan
pengaruh Islam dengan mengirimkan pars ahli dakwah ke pulau Jawa. Salah satunya adalah Syarif Hidayatullah yang dikenal pula dengan sebutan ....
a.     Sultan Agung Jati
b.    Sunan Kalijaga
c.     Maulana Malik Ibrahim
d.    Sunan Pandanaran
8. Pemeluk agama Islam di Indonesia yang pertama kali adalah penduduk pesisir pantai. Hal ini menunjukkan bahwa pembawa Islam ke Indonesia berasal dari kelompok ....
a.     pedagang
b.    nelayan
c.     bangsawan
d.    pembesar kerajaan
9. Dalam perkembangannya, kerajaan Samudra Pasai sebagai kerajaan Islam yang besar ditunjang dengan diberlakukannya hukum atau syariah Islam yang diterapkan dalam
a.     kehidupan bernegara
b.    kehidupan bermasyarakat
c.     kehidupan bermasyarakat clan ber­negara
d.    kehidupan beragama
10. Kerajaan Islam kedua di Indonesia setelah Samudra Pasai adalah kerajaan Malaka yang menguasai wilayah Semenanjung Malaya clan Riau dengan raja pertamanya yang terkenal adalah ....
a.     Iskandar Syah
b.    Sultan Mansyur Syah
c.     Iskandar Muda
d.    Sultan Muzafar Syah
11. Kerajaan Islam kedua di Indonesia setelah kerajaan Samudra Pasai adalah ....
a.     Kerajaan Pajajaran
b.    Kerajaan Aceh Darussalam
c.     Kerajaan Demak
d.    Kerajaan Malaka
12. Kerajaan Malaka merupakan kerajaan maritim yang mengandalkan pemasukan negara dari sektor....
a.     kelautan                 c. perindustrian
b.    pertanian                d. perkebunan
13. Maulana Muhammad adalah salah satu penguasa kerajaan Banten yang menyerang kerajaan Palembang pada tahun 1.596 M. dengan tujuan ....
a.     menguasai perdagangan clan kerajaan Palembang
b.    menguasai jalur perdagangan hasil bumi di Sumatra
c.     melancarkan jalur perdagangan hasil bumi clan rempah-rempah dari Sumatra
d.    menguasai jalur perdagangan rempah­rempah di Sumatra
14. Raja Aceh Darussalam yang aktif menyebar­kan pengaruh Islam dengan mengirimkan para ahli dakwah ke pulau Jawa adalah ....
a.     Sultanate Laksamana Adi Sucipto
b.    Sultan Alaudin Ri'ayat Syah
c.     Sultan Iskandar Muda
d.    Sultan Iskandar Sani
15. Berkat keberaniannya untuk menentang penjajah Belanda di Makassar menyebabkan Sultan Hasanudin dijuluki ....
a.     Tuan dan tujuh puluh dua pulau
b.    Singa jantan yang lapar
c.     Sang penakhluk dari timur
d.    Ayam jantan dari timur
16. Kerajaan Malaka merupakan kerajaan Islam kedua setelah kerajaan Samudra Pasai yang wilayah kekuasaannya meliputi ....
a.     Kalimantan Utara
b.    Sumatra bagian Selatan
c.     Semenanjung Malaya dan Riau
d.    Aceh dan Sumatra Utara,
17. Kerajaan Banten dapat mencapai keber­hasilannya di bidang perdagangan terutama setelah pemerintahan Banten menerapkan sistem ....
a.     perdagangan bebas
b.    monopoli dagang
c.     perekonomian barn
d.    perdagangan tradisional
18. Faktor utama penyebab berdirinya kerajaan di Indonesia dengan menerapkan sistem pemerintahan yang Islami adalah ....
a.     masyarakat Indonesia sudah bosan dengan kerajaan Hindu
b.    banyaknya permasalahan yang muncul pada pemerintahan kerajaan sebelum­nya
c.     kerajaan-kerajaan sebelumnya sudah tidak sejalan dengan kemajuan zaman
d.    pemeluk agama Islam di Indonesia makin bertambah
19. Penyebab terjadinya kemunduran kerajaan Demak pada masa pemerintahan Sultan Trenggono adalah ....
a.   terjadinya perebutan kekuasaan
b.   terjadinya pemberontakan
c.   terjadinya perpecahan clikalangan raja
d.   rakyat ingin hidup bebas
20. Sepeninggal Amangkurat II, berdasarkan perjanjian Giyanti, kerajaan Mataram dibagi menjadi dua, yaitu daerah ....
a.   Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Pajang
b.   Kesultanan Yogyakarta dan Kerajaan Pakualaman
c.   Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Mangkunegaran
d.   Kesultanan Yogyakarta clan Kasunanan Surakarta
21. Sehubungan Abu Mufakhir belum cukup dewasa untuk menggantikan kedudukan ayahnya, Maulana Muhammad maka untuk sementara waktu roda pemerintahan di­jalankan o!eh baclan perwalian yang cliketuai oleh....
a.   Jayanegara clan Nyai Emban Rangkung
b.   Kertanegara clan Jayanegara
c.   Kertajasa clan Kertanegara
d.   Kertanegara dan Nyai Emban Rangkung
22. Kedatangan Belanda dengan mendirikan benteng-benteng di kerajaan Mataram clan tindakannya yang sewenang-wenang terhadap rakyat Mataram menimbulkan berbagai perlawanan dan pemberontakan, di antaranya bangsawan dari Madura yang bernama ....
a.   Pangeran Sutawijaya
b.   Pangeran Trunajaya
c.   Pangeran Brawijaya
d.   Pangeran Hadiwijaya
23. Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Sani, pengaruh agama Islam di bidang kesusasteraan Aceh Darussalam sangat besar sebaimana ditunjukkan dalam hasil karya sastra yang berjudul ....
a.     Bustanussalam dan Hikayat Putrau Gumbok Meuh
b.    Bustanussalatin clan Hikayat Laksamana Hang Tuah
c.     Bustanussalatin clan Hikayat Putaru Gumbok Meuh
d.    Bustanul Athfal clan Hikayat Putrau Gumbok Meuh
24. Dalam mengadopsi hukum dan ajaran Islam, pemerintahan kerajaan Makassar juga aktif menjalin hubungan kerja sama antarkerajaan Islam, seperti ....
a.   Ternate dan Tidore
b.   Demak dan Malaka
c.   Aceh Darussalam dan Samudra Pasai
d.   Banten dan Mataram
25. Kehidupan sosial beragama masyarakat Maluku sangat dipengaruhi oleh datangnya pedagang-pedagang asing, khususnya dari
a.   Spanyol dan Portugisp,
b.   Inggris dan Belanda
c.   Portugis dan Belanda
d.   Belanda dan Spanyol
26. Tanah Maluku dikenal sebagai Spice Island oleh dunia Internasional karena ....
a.   Maluku kaya akan rempah-rempah
b.   Maluku memiliki hasil hutan rempah­I rempah
c.   Maluku merupakan pasar perdagangan rempah-rempah
d.   Maluku merupakan tujuan utama para pedagang internasional
27. Salah satu peninggalan kerajaan Demak adalah masjid Agung Demak yang salah satu tiang utamanya adalah terbuat dari pecahan kayu-kayu yang dinamakan ....
a.   Soko Papan           c. Soko Tatal
b.   Soko Pilar              d. Soko Guru
28, Sultan Haji adalah penguasa kerajaan Banten yang menjalin hubungan kerja sama dengan....
a.   Belanda                  c. Portugis
b.   Inggris                    d. Spanyol
29. Pada tahun 1511 Masehi Kerajaan Malaka jatuh ke tangan ....
a.   Belanda                  c. Spanyol
b.   Inggris                    d. Portugis
30. Sebagai kerajaan Maritim, perekonomian kerajaan Malaka sangat bertumpu pada
bidang....
a.   pert6nian dan perikanan
b.   perdagangan dan pelayaran
c.   industri perkapalan
d.   perkebunan rempah-rempah
31. Berkat kejayaan tanah Maluku akan rempah­rempah yang melimpah ruah sangat menarik minat balk para pedagang lokal maupun pedagang manta hingga diibaratkan Maluku sebagai ....
a.   ladang emas
b.   ladang pangan
c.     ladang minyak
d.    ladang perak
32. Kerajaan Islam pertama di Jawa adalah Demak dengan raja pertamanya Raden Patah yang bergelar ....
a.        Raden Senopati JimbunAnomAbdurrahman Sayidin Panatagama
b.       Kanjeng Raden Panembahan Senopati Jimbun Anom Sayyidin Panatagama
c.        Raden Panembahan Senopati Jimbun Ngabdurrahman Sayyidin Panatagama
d.       Senopati Jimbun Ngabdurrahman Panembahan Palembang Sayidin Panatagama
33. Salah seorang wall songo yang mengang­kat raden Patah sebagai raja Demak yang pertama adalah ....
a.     Sunan Kalijaga
b.    Sunan Bonang
c.     Sunan Gunungjati
d.    Sunan Ampel
34. Setelah tumbuh menjadi kerajaan besar yang berhasil menguasai jalur perdagancan alternatif, kerajaan Aceh Darussalam mampu menyaingi monopoli perdagangan ....
a.     Belanda di Batavia
b.    Portugis di Maluku
c.     Spanyol di Maluku
d.    Kerajaan-kerajaan di sekitarnya
35. Salah seorang raja terbesar kerajaan Mataram yang mempunyai cita-cita untuk menyatukan pulau Jawa adalah ....
a.     Panembahan Sedo Krapyak
b.    Suhunan Pakubuwono III
c.     Panembahan Senopati
d.    Sultan Agung Hanyokrokusuma
36. Laksamana kerajaan Malaka yang begitu berjasa pada masa pemerintahan Sultan Mansyur Syah hingga diabadikan dalam sebuah kisah terkenal yang berjudul ....
a.     Hikayat Laksamana Sukardi
b.    Hikayat Laksamana Hang Tuah
c.     Hikayat Laksamana Adi Sucipto
d.    Hikayat Laksamana Samudra
37. Masuknya agama Islam ke pulau Jawa diperkirakan pada abad ke-XI M. Sebagai buktinya adalah ....
a.     prasasti Trowulan
b.    bangunan menara dan masjid Kudus
c.     makam Sunan Ampel
d.    batu Nisan Fatimah binti Maimun di Gresik
38. Kebudayaan Islam di Indonesia telah melahirkan bentuk-bentuk berikut ini, kecuali
a.    perkembangan ilmu pengetahuan
b.    sistem keamanan
c.    sistem kemasyarakatan
d.    sistem politik
39. Penjelajah asal Italia yang pernah singgah di Kerajaan Samudra Pasai dalam pelayaran­nya kembali ke Eropa dari Cina adalah ....
a.       Marcopolo
b.       Bartolomeuz Diaz
c.    Amerigo Vespucci
d.       Ibnu Battutah
40. Salah satu contoh pengaruh Islam di kalangan istana adalah  
a.       pembuatan gending
b.       pembuatan pakaian batik
c.       pembangunan alun-alun
d.    penggunaan gelar sultan
41. Kebudayaan Islam menghasilkan bentuk­bentuk ....
a.    sistem pertahanan dan keamanan
b.    sistem politik, kemasyarakatan, dan
perkembangan ilmu pengetahuan
C. sistem perekonomian dan keamanan
d. sistem pendidikan, kebudayaan, per
tahanan, dan keamanan
42. Salah satu bukti masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-7 M adalah catatan sejarah Cina yang menceritakan tentang masuknya Islam ke Indonesia berasal dari mass ....
a.       Dinasti Qing           c. Dinasti Ming
b.       Dinasti Han            d. Dinasti Tang
43. Berkat ramainya lalu lintas perdagangan laut pad a abad ke-7 M hingga abad ke-61 M, sehingga pars pedagang muslim yang berdagang ke Indonesia semakin banyak dan akhirnya membentuk sebuah perkampungan yang disebut ....
a.       pedesaan               c. pecinan
b.       pekojan                  d. kauman
44. Berikut ini yang bukan merupakan bentuk­bentuk sistem yang dihasilkan oleh kebudayaan Islam adalah ....
a.       sistem kemasyarakatan
b.       sistem politik
c.       sistem perekonomian
d.   perkembangan ilmu pengetahuan
45. Kerajaan persekutuan antara sembilan bersaudara yang wilayahnya meliputi pulau Tidore, Makyan,   Jalilobo, dan pulau-pulau di daerah tersebut sampai Papua adalah kerajaan ....
a.    Ternate                   c. Gowa
b.    Tidore                     d. Tallo
46. Perayaan upacara adat kerajaan Mataram yang dirayakan pada setiap hari rays Idul Fitri adalah ....
a.    Grebeg Syawal        c. Grebeg Maulid
b.    Grebeg Agung         d. Grebeg Ngasura
47. Di samping menjadi kerajaan maritim yang menguasai jalur perdagangan laur Nusantara yang sangat terkenal, kerajaan Makassar jugs menjalin hubungan diplomasi yang baik dengan....
a.    Kerajaan Gowa
b.    Kerajaan Tallo
c.    Kerajaan Ternate
d.    Kerajaan Tidore
48. Setelah sepuluh tahun lamanya, Portugis akhirnya berhasil mendirikan benteng Sao Paolo yang terletak di
a.    Kerajaan Tidore
b.    Kerajaan Malaka
c.    Kerajaan Ternate
d.    Kerajaan Makassar
49. Selain membentuk jalur perdagangan laut Nusantara yang sangat terkenal pada abad ke-16 hingga 17 M, kerajaan Makassar juga dengan....
a.    Kerajaan-kerajaan di Ambon
menjalin hubungan diplomasi yang baik fi
b.    Kerajaan Ternate dan Tidore
c.    Kerajaan-kerajaan Islam di sekitarnya
d.    Kerajaan-kerajaan kecil di Sulawesi
50. Salah satu faktor pendukung kerajaan Makassar menjadi salah satu kerajaan maritim terbesar di Indonesia adalah ....
a.    Kerajaan Makassar berhasil menguasai kerajaan-kerajaan kecil di sekitarnya
b.    Makassar memiliki hubungan diplomasi yang baik dengan kerajaan Ternate di Maluku
c.    Majunya perdagangan membuat kehidupan masyarakat Makassar menjadi sederhana
d.    rakyat Makassar memiliki kemampuan yang handal membuat kapal-kapal yang kokoh dan kuat



1. Golongan pembawa agama Islam ke Indonesia salah satunya adalah kaum pedagang. Hal ini disebabkan karena ....
a.   kemajuan dan berkembangnya pelayaran dan perdagangan saat itu
b.   Indonesia merupakan negara per­dagangan terbesar di dunia
c.   kemajuan  ;   dan perkembanganya pelayaran pada saat itu
d.   kemajuan dan perkembanganya angkatan laut pada saat itu
2. Berikut ini yang bukan cara-cara masuknya Islam di Indonesia adalah ....
a.   mengadakan perkawinan dengan wanita­wanita pribumi
b.   mendirikan pesantren sebagai tempat belajar mengajarkan agama Islam
c.     melalui dakwah para wall yang menyebar di beberapa daerah di pulau Jawa
d.   dengan memerdekakan budak, kemudian mengislamkan budak tersebut
3. Bukti arkeologi tertua mengenai keberadaan Islam di Indonesia adalah ....
a.     makam Fatimah b0ti Maimun di Gresik
b.    makam Malik as-Saleh di Pasai
c.     makam Malik Ibrahim di Gersik
d.    makam Sunan Gunung Jati di Cirebon
4. Islam pertam kali datang ke Indonesia pada abad ....
a.     ke-6 M                   c. ke-4 M
b.    ke-7 M                   d. ke-5 M
5. Hikayat kepahlawanan Laksanamana Hang Tuah adalah merupakan salah satu kisah yang paling terkenal dalam budaya masyarakat ....
a.     Kerajaan Samudra Pasai
b.    Kerajaan Aceh Darussalam
c.     Kerajaan Malaka
d.    Kerajaan Makassar
6. Penyebaran agama Islam di pulau Kalimantan banyak dikisahkan dalam ....
a.     Hikayat Banjar
b.    Bustanus-Salatin
c.     Sabibul-Muhtadin
d.    Suluk Wujul
7. Orang yang mengumandangkan adzan atau seruan tanda masuk waktu salat bagi penganut agama Islam dinamakan ....
a. imam                       c. muadzin
b. gari'ah                     d. makmum
8. Pada umumnya penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan secara damai. Namun ada kalanya penyebaran tersebut diwarnai dengan cara penaklukan. Hal ini disebabkan karena....
a. penduduk setempat tidak mau masuk Islam jika tidak diperangi
b, situasi politik di kerajaan yang bersang­kutan sedang kacau
c. penduduk di suatu kerajaan sangat banyak
d. raja yang memerintah sangat arogan
9. Sistem kasta dalam masyarakt Hindu menganggap anggota masyarakat memiliki derajat yang ....
a.     tidak sama             c. sederajat
b.    sama                     d. setara
10. Tingkat kehidupan perekonomian Samudra Pasai telah bertaraf Internasional. Bahkan pada mass perkembangannya, kerajaan Samudra Pasai telah menyaingi kebesaran sebuah kerajaan yang sedang mengalami kemunduran yaitu ....
a.     Kerajaan Majapahit
b.    Kerajaan Banjar
c.     Kerajaan Sriwijaya
d.    Kerajaan Malaka
11. Masuknya agama Islam ke Sumatra tidak terlepas dari peranan para pedagang Islam dari....
a.     Gujarat dan Persia
b.    Arab dan Gujarat
c.     Arab dan Persia
d.    Persia dan Syiria
12. Salah satu sebab terjadinya perang antara Sultan Hasanuddin dengan VOC Belanda yang diakhiri dengan perjanjian Bongaya adalah karena VOC Belanda ....
a.     rnerampas kapal dagang milik pedagang Makassar
b.    ikut campur tangan dalam urusan pemerintahan di Makassar
c.     memonopoli perdagangan di Makassar
melarang Sultan Hasanudin mengadakan hubungan dagang dengan Maluku
13. Raja Mataram Islam yang ketiga adalah
a.   Sultan Agung Hanyokrokusuma
b.   Suta Wijaya
c.   Amangkurat II
d.   Amangkurat I
14. Pada zaman kerajaan Mataram, di masyarakat timbul kebudayaan Kejawen yang merupakan akulturasi dari kebudayaan
a.     Islam, Indonesia, dan Hindu-Budha
b.    Islam, Animisme, dan Dinamisme
c.     Islam, Jawa, dan Hindu-Budha
d.    Islam, Indonesia, dan Barat
15. Kerajaan yang terletak di sebelah barat pulau Halmahera adalah ....
a.   Kerajaan Ternate
b.   Kerajaan Tidore
c.   Kerajaan Gowa
d.    Kerajaan Tallo
16. Pendiri kerajaan Malaka adalah seorang dari kerajaan Majapahit yang melarikan diri setelah Majapahit kalah dalam perang Paragreg yang bernama ....
a.   Sultan Muzafar Syah
b.    Sultan Alaudin Syah
c.     Sultan Mansyur Syah
d.    Sultan Iskandar Syah
17. Yang dilakukan oleh Radon Patah, Sultan Demak yang pertama setelah mengetahui kerajaan Malaka jatuh ketangan Portugis adalah ....
a.     akan membantu tetapi tidak jadi
b.    membantu Portugis
c.     membantu kerajaan Malaka
d.    membiarkan saja
18. Berikut yang merupakan salah satu usaha Sultan Hasanuddin dalam mengembangkan kerajaan Makassar di bidang perdagangan adalah ....
a.     menjadikan Makassar sebagai kerajaan Islam yang paling ditakuti oleh kerajaan­kerjaan lain
b.    menjadikan kerajaan Makassar sebagai penguasa tunggal di jalur perdagangan di Indonesia bagian Timur
c.     menciptakan kapal-kapal dengan desain yang kuat dan indah guna merajai jalur pelayaran Nusantara
d.    menaklukkan kerajaan-kerajaan kecil disekitarnya supaya tunduk di bawah kekuasaan Makassar
19. Kerajaan yang dijadikan basis penyerangan Kerajaan Demak dan Cirebon untuk menguasai kerajaan Pajajaran dan pelabuhan Sunda Kelapa adalah ....
a.   Kerajaan Banten
b.   Kerajaan Pajang
c.   Kerajaan Mataram
d.   Kerajaan Malaka
20. Melemahnya kerajaan Majapahit atas daerah-daerah pesisir utara Jawa melatar belakangi berdirinya kerajaan Islam di Jawa yaitu....
a.   Kerajaan Banten
b.   Kerajaan Banjar
c.   Kerajaan Demak
d.   Kerajaan Mataram
21. Kerajaan yang sexing disebut dengan kerajaan persekutuan antara sembilan bersaudara adalah ....
a.   Kerajaan Tidore
b.   Kerajaan Singosan
c.   Kerajaan Ternate
d.   Kerajaan Makassar
22. Salah satu alasan Sultan Banjar menikahkan Muhammad Arsyad al-Banjari dengan Bajut sebelum keberangkatannya ke Mekkah adalah ....
a.   agar al-Banjari segera ke Banjar walau­pun belum selesai pendidikannya
b.   agar Muhammad Arsyad a!-Banjari dapat tinggal di Mekkah
c.   agar Muhammad Arsyad al-Banjari tidak betah tinggal di Mekkah
d.   agar al-Banjari segera kembali ke Banjar setelah menyelesaikan pendidikannya
23. Kelompok masyarakat kerajaan Banten yang tidak mau menganut Islam dan kemudian mengasingkan diri ke pedalaman Jawa Barat adalah ....
a.   perdagangan tradisional
b.   perdagangan bebas
c., monopoli dagang
d. perekonomian barn
24. Dua orang sastrawan Aceh yang terkemuka pada mass pemerintahanAceh Darussalam adalah ....
a.  Hamzah Fansuri dan Nuruddin Ar Raniri
b.  Syamsudin As Sumatrani dan Muhammad Arsyad Al Banjari
c.  Muhammad Arsyad al Banjari dan Abdur Rauf Singkel
d.  Abdul Kahar Wahab dan Tajul Alam Safiatudin
25. Berikut yang tidak termasuk faktor-faktor penyebab kemunduran kerajaan Aceh Darussalam adalah ....
a.    raja-raja setelah Sultan Iskandar Muda tidak mampu mempertahankan wilayah Aceh yang sangat lugs
b.    lemahnya kontrol pemerintahan pusat terhadap daerah-daerah taklukan hingga melepaskan diri
c.    terjadinya perpecahan antarkelompok dalam masyarakatAceh, yakni golongan Tengku dan Teuku
d.    munculnya bermacam-macam aliran Islam yang kemudian menimbulkan per­tentangan
26. Seorang ulama' besar yang berjasa mengembangkan Islam di Sumatra clan dikenal juga sebagai pengembang Tarekat Syattariyah di Indonesia adalah ....
a.       Muhammad Arsyad Al Banjari
b.       Maulana Malik Ibrahim
c.       Abdur Rauf Singkel
d.       Syarif Hiclayatullah
27. Berikut ini yang bukan merupakan faktor-faktor penyebab Kemunduran kerajaan Malaka adalah ....
a.       banyak daerah taklukan yang melepas­kan diri dari kerajaan Malaka
b.       kerajaan Malaka sangat bertumpu pada sektor perdagangan clan pelayaran
c.       datangnya armada perang bangsa Portugis yang dipimpin oleh Afonso d'Albuquerque
d.       terjadi pemberontakan di beberapa kerajaan di bawah kekuasaan kerajaan Malaka
28. Yang dimaksud dengan tradisi Kejawen pada masa kerajaan Mataram adalah ....
a.       upacara ritual keagamaan yang di-se­lenggarakan oleh kerajaan
b.       upacara-upacara yang seluruhnya di­laksanakan berclasarkan adat Jawa
c.       kesepakatan penduduk kerajaan Mataram untuk melakukan suatu upacara
d.       akulturasi dari kebudayaan Jawa, Hindu, Budha, clan Islam
29. Salah seorang ulama besar yang sangat berpengaruh dan berperan penting dalam sejarah Islam di Kalimantan adalah ....
a.       Muhammad bin Sulaiman al-Kurdi
b.       Syekh abdul Karim as-Samani
c.       Muhammad Arsyad al-Banjari
d.       Syekh Muhammad al-Palimbani
30. Runtuhnya kerajaan Banten pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tritayasa di­sebabkan karena ....
a.       perang keluarga antara Sultan Aaena
t
Tirtayasa clan Sultan Haji
b.       kematian mendadak Sultan Ageng Tirtayasa
c.       penaklukan kerajaan Banten oleh pasukan Belanda
d.  perang antara kerajaan Banten clan!~ IP4
kerajaan Pajajaran
31. Pada saat Al Banjari meminta sebidangll tanah untuk dibangun sebagai tempat~'~ tinggal, tempat pendidikan, clan pusat pengembangan agama Islam, sebagai penguasa di Kasultanan Banjar saat itur'! adalah ....                                                          .
a.       Sultan Alaudin         c. Sultan Tamjidillah
b.       Sultan Tahlilullah     d. Sultan Iskandar
32. Kekalahan Sultan Hasanuddin dalam pertempuran melawan Belanda disebabkanPI
oleh                                                            Z.
a.                  Belanda menjebak Sultan Hasanuddin dengan r4        D                                           0~ O"Ya perjanjian Bongaya       0
b.       Belanda mendapat bantuan dari Aru Palaka, raja kerajaan Bone         A
keterbatasan teknologi perang yang di-33. Pen*baran agama Islam di Indonesia sebagai berikut, kecuali
a.       tanpa paksaa-n
b.       damai
c.       berangsur-angsur
d.       kekerasan
34. Berikut ini yang merupakan salah satu sebab kemunduran kerajaan Demak adalah terjadinya ....
a.    serangan dari bangsa Portugis yang
ingin menguasai kerajaan Demak dan sekitarnya
b.    perebutan tahta kerajaan Demak antara Sunan Prawoto clan Arya Penangsang
c.    perang antara Arya Penangsang dan Jaka Tingkir yang didukung oleh para tetua Demak
d.    konflik berdarah atas terbunuhnya Pangeran Hadiri oleh Arya Penangsang
35. Perselisihan antara kaum teuku dengan kaum tengku dalam kehiclupan sosial masyarakat kerajaan Aceh Darussalam disebabkan karena ....
a.       kedekatan kaum bangsawan dengan kolonial Belanda
b.       persaingan dalam memperebutkan kursi kerajaan
c.       perbedaan tingkat sosial dan ekonomi dari kedua belch pihak
d.       persaingan pengaruh dalam memperebut­kan simpati rakyat

36. Salah satu hasil karya sastra yang menunjuk­kan besarnya pengaruh agama Islam dalam sanjak ak Aceh Darussalam adalah ....
a.     Futuhat al-islamiyyah
b.    Ihya'Ulumuddin
c.     Bustanulssalatin
d.    Bustanul Athfal
37. Seorang Pelancong Portugis yang me­nyatakan bahwa kerajaan Samudra Pasai telah menggunakan mata uang dirham adalah ....
a.   Marco Polo
b.   Tomes Pires
c.   Ibnu Battutah
d.   Bartomolomeus Diaz
38. Orang yang memiliki dasar ketuhanan lain mudah menerima ajaran Islam melalui ....
a.                                           tasawuf        c. pengajaran
b.                                           perdagangan            d. perkawinan
39. Kerajaan Malaka mendapat pengaruh budaya Melayu dan budaya Islam dikarena­kan faktor-faktor di bawah ini, kecuali ....
a. pengaruh agama Islam yang dibawa para pedagang Gujarat dan Persia
merupakan masyarakat yang terbuka, egaliter, demokratis, dan menghormati kebudayaan lain
terletak di Semenanjung Malaya tempat rumpun bangsa Melayu
besarnya kekuasaan asing dikerajaan Malaka
40. Sebagai alasan bahwa pada saat itu pelayaran dan perdagangan Internasional sangat berkembang sehingga daerah yang terlebih dahulu memeluk agama Islam adalah daerah        
a.   perkampungan             c. pedesaan
b.   perkotaan                    d. pesisir
41. Pada masa pemerintahan Sultan Zainal Abidin, kerajaan Samudra Pasai mengirim­kan beberapa ahli dakwah di pulau Jawa. Salah satunya adalah ....
a.     Maulana Malik Ibrahim
b.    Maulana Yusuf
c.     Maulana Abdullah
d.    Maulana Hasanuddin
42. Dalam catatan sejarah kerajaan Cina juga menyebutkan tentang keberadaan sebuah kerajaan di Indonesia yang diperintah oleh Ratu Sima, yaitu ....
a.   Kerajaan Pakuan
b.   Kerajaan Holing
c.   Kerajaan Sunda
d.   Kerajaan Pasundan
43. Di bawah ini merupakan tokoh penyebar  tasawuf yang terkenal, kecuali
a.     Nuruddin ar Ranir
b.    Syamsudin
c.     Said Munawwar
d.    Hamzah Fansuri
44. Kerajaan Demak mencapai puncak kejayaannya sehingga agama Islam dapat berkembang lebih luas lagi pada masa pemerintahan ....
a.     Sultan Trenggono
b.    Sultan Handiwijaya
c.     Raden Patah
d.    Adi Pati Unus
45. Sebutan alim ulama' dalam agama Islam, teruatama di pulau Jawa adalah ....
a.   Qari'                       c. Ustadz
b.   Sufi                        d. Kiai
46. Raja Mataram yang pernah menyerang Batavia adalah ....
a.     Panembahan Sedo Krapyak
b.    Panembahan Senopati
c.     Sultan Agung Hanyokrokusumo
d.    Amangkurat 1
47. Kerajaan Mataram terletak di Kotagede, Yogyakarta yang didirikan oleh Sutawijaya. Kerajaan ini terkenal karena ....
a.   upayanya yang gigih dalam melawan Belanda pada tahun 1628 dan 1629 M
b.   terdiri dari beberapa kerajaan kecil yang bersatu
c.   kekuatannya mampu mengalahkan kerajaan-kerajaan disekitarnya
d.   wilayah kekuasaannya sangat luas
48. Seorang ahli dakwah yang dikirim oleh -Sultan Zainal Abidin untuk menyebarkan pengaruh agama Islam ke pulau Jawa adalah ....
a.     Maulana Malik Ibrahim
b.    Sunan Kalijaga
c.     Maulana Makhdum Ibrahim
d.    Raden Umar Said
49. Salah satu yang paling menonjol dalam dakwah Sunan Drajat adalah ....
a.   memberikan perhatian yang penuh ter­hadap masalah-masalah ekonomi
b.   menekankan adanya kerja sama untuk mendapatkan keuntungan
c.   memberikan perhatian yang serius ter­hadap masalah-masalah sosial
d.   menekankan pemberian pertolongan kepada golongan tertentu
50. Wali yang menganggap sebagai perancang kerajaan Islam Demak dan mengangkat Raden Patah sebagai Sultan Demak yang pertama adalah ....
a.     Sunan Ampel
b.    Sunan Bonang
c.     Maulana Malik Ibrahim
d.    Sunan Muria